Contoh Tanaman Hidrofit

Halo teman-teman semua pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa contoh tumbuhan yang tergolong tumbuhan yang hidup di air maupun di permukaannya.

Nah, penasaran nggak apa saja contoh tumbuhan hidrofit apa saja. Selengkapnya mari simak penjelasanberikut ini.

Teratai

terataiContoh tanaman hidrofit apa saja? Contoh kita yang pertama merupakan tumbuhan teratai yang hidup di perairan dangkal.

Tanaman ini berkembang serta mengapung di atas air, hendak namun tanaman ini masih senantiasa wajib menancapkan akarnya pada tanah.

Tipe teratai ini pula mempunyai daun yang lebar serta mempunyai bunga yang menawan dengan corak yang berbagai macam.

Eceng Gondok

eceng gondokEceng gondok tanaman dengan metode mengapung di atas air, hendak namun buat berpindah tempat tumbuhan ini menggunakan arus air buat buatnya bergerak ke tempat yang di inginkannya.

Tumbuhan ini ialah tipe tumbuhan yang di kategorikan ke dalam tipe serta contoh tanaman hidrofit yang mempunyai proses perkembangan yang sangat kilat.

Kangkung Air

kangkung air merupakan contoh tanaman hidrofit berikutnya merupakan tipe kangkung air. Tanaman ini mempunyai batang yang terisi hawa, perihal ini lah yang membuat kangkung bisa mengapung di air.

Kangkung sendiri bisa kita jumpai di sebagian tempat yang memanglah keseriusan airnya besar, semacam sungai serta sawah yang tergenang air.

Tumbuhan Bakau

bakauTanaman ini umumnya banyak kita temukan di wilayah tepi laut serta bisa berguna buat memantapkan struktur tanah dari kikisan air laut.

Tanaman Bakau ini pada dasarnya dapat tahan terhadap Pasang Surut Air Laut, sebab pangkal tanaman bakau sangat kokoh buat mencengkram tanah.

Tipe tanaman hidrofit bakau ini kerap kali pula digunakan serta dipakai buat menghindari munculnya Abrasi.

Kiambang

kiambangMungkin buat tanaman kiambang ini, kamu tidak sering buat menemuinya sebab saat ini ini memanglah tanaman kiambang sulit buat ditemui.

Tanaman kiambang sendiri tercantum kedalam tipe tanaman yg mempunyai rongga pada batangnya.

Rongga ini sanggup menampung hawa sehingga dengan itu, hingga tanaman kiambang ini dapat mengapung didalam air.

Hydrilla

contoh tanaman hidrofitTumbuhan ini mempunyai batang yang sanggup berkembang sampai menggapai dimensi panjang 2 m.

Pada daun terletak pada ulir berjumlah 2- 8 di dekat batang, mempunyai gerigi kecil di sejauh tepian daunnya.

Hydrillia ialah tipe tanaman yang hidup di perairan dingin serta hangat semacam pada daratan Asia, Afrika, Australia, serta Eropa.

Vallisneria gigantea

contoh tanaman hidrofitTumbuhan yang diketahui dengan nama rumput belut( eel grass) ini bisa berkembang sejauh tahun di alam yang berlahan basah.

Tanaman ini mempunyai daun yang berupa pipih serta panjang, menyamai pita- pita bercorak hijau yang bergerombol di dasar air.

Daun tersebut bisa berkembang menggapai panjang 1, 5 m serta lebar dekat 1 sentimeter. Tanaman ini berhabitat di danau, sungai, ataupun kolam yang mempunyai keadaan perairan yang tenang.

Semanggi Air/ Paku Air

paku airTumbuhan ini mempunyai daun yang bisa dijadikan bagaikan bahan santapan oleh suku asli Australia( suku Aborigin), serta pecel semanggi( khas Surabaya).

Tanaman tipe ini dipercaya berpotensi bisa menghindari osteoporosis( pengeroposan tulang).

Semanggi air ataupun paku air tercantum dalam ordo Salviniales serta dalam genus Marsilea. Tanaman ini mempunyai wujud daun yang khas menyamai daun yang tersusun dari 4 anak daun yang silih berhadapan.

Penutup

Nah teman-teman jadi itu tadi merupakan beberapa cotoh tumbuhan hidrofit yang bisa penulis bagikan.

Untuk memperoleh informasi seputar tumbuhan kalian bisa juga baca di fatasama.com

Sekian. Semoga informasi yang sedikit ini bisa menambah wawasan teman-teman semua.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*