Alat Yang Digunakan Untuk Mengelola Persediaan Barang

Aplikasi stock barang excel – untuk input barang masuk. Setiap terjadi penjualan atau pengeluaran barang, anda masukkan datanya di bagian ini. Setiap barang yang masuk, anda input-kan di bagian ini.

Jumlah barang masuk: menu ini akan mengarahkan anda ke bagian rekapitulasi barang yang masuk, lengkap dengan jumlah dan harganya. Perhatikan tampilan menu aplikasi stok barang Excel berikut ini: Bentuknya bisa berupa laporan stok barang sederhana, tabel stok barang, atau laporan stok barang Excel.

Salah satu pelaksanaan manajemen gudang adalah Laporan stock opname yang merupakan hasil dari stock opname yang telah dilakukan. Gudang dijual Surabaya waringinwarehouse.com Bagian yang berisi keterangan tentang revisi atau perbaikan terhadap Standar Operasional Prosedur Manajemen Gudang – Stock Opname. Perhatikan contoh format header SOP Manajemen Gudang – Stock Opname berikut ini:

Kebanyakan perusahaan melakukan penghitungan fisik saat tingkat persediaan paling rendah. Jika persediaan yang hilang jumlahnya tidak normal, maka manajemen dapat menyelidiki lebih jauh dan melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan. Kartu stok barang, atau form stok barang.

Untuk memastikan keakuratan jumlah persediaan yang dilaporkan dalam laporan keuangan, sebuah perusahaan perlu melakukan penghitungan fisik persediaan (physical inventory) atau stock opname secara berkala, yaitu menghitung persediaan secara fisik. Stock Opname adalah cara perusahaan untuk mendata persediaan dengan menghitung dan memeriksa kondisi fisik persediaan. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengelola persediaan dengan efektif adalah BUKU BESAR PEMBANTU persediaan atau buku persediaan barang.

Setelah laporan penerimaan, pesanan pembelian, dan faktur pemasok dicocokkan perusahaan harus melaporkan persediaan dan utang usaha terkait di catatan akuntansi. Begitu pula, harga persediaan yang dipesan seperti yang ditunjukkan dalam pesanan pembelian, harus dibandingkan dengan harga yang ditagihkan pemasok ke perusahaan. Laporan penerimaan harus dilengkapi oleh bagian penerimaan perusahaan sebagai akuntabilitas awal atas persediaan.

Pengelolaan atas persediaan harus segera dimulai sejak barang dagang diterima. Prosedur ini menerangkan mengenai alat dan bahan yang umum digunakan untuk membersihkan ruangan produksi. Alat dan bahan yang digunakan tergantung pada jenis pekerjaan yang dilaksanakan.

Formulir pencatatan suhu dan kelembaban gudang perusahaan: Ruang penyimpanan barang jadi harus tersedia alat pengukur suhu yang terkalibrasi. Selain petugas dan orang yang tidak berkepentingan dilarang masuk gudang ( pemberitahuan ini dicantumkan pada pintu masuk gudang ).

Bagaimana perusahaan agar bisa survive bila di gudangnya ada ‘tikus’ yang menggerogoti aset perusahaan. Kita tentu memahami bahwa keamanan gudang menjadi kunci penting untuk menekan kerugian perusahaan. Ruang penyimpanan harus dibersihkan setiap hari oleh petugas yang menangani kebersihan (cleaning service) sesuai checklist yang dibuat.

#3: Pengeluaran barang agar mengikuti sistem : Hubungi jasa angkutan untuk mengambil barang atau antarkan barang ke kantor jasa angkutan. #2: Pengiriman barang melalui jasa angkutan:

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*