3 Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Periode Menstruasi


Mengetahui masa subur pada wanita adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini karena ketika Anda tahu kapan masa subur Anda kemudian memungkinkan untuk lebih cepat hamil saat berhubungan seks sementara di masa subur. Namun dalam kenyataannya untuk mengetahui masa subur bukanlah hal yang mudah. Jika jika Anda memiliki siklus haid tidak lancar dan tidak normal. Ini akan lebih sulit bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur Anda.

Ini penting untuk mengetahui bagaimana menghitung masa subur untuk wanita setelah mereka melewati siklus menstruasi. Dikelola dan apakah atau tidak untuk memiliki anak dengan cara melakukan seks saat masa subur menurut beberapa penelitian medis memang memiliki kesempatan lebih besar untuk hamil saat berhubungan seks daripada ketika tidak dalam masa subur. Mengetahui masa subur dengan mengamati siklus menstruasi atau mensteruasi adalah cara mudah yang dapat Anda lakukan.

Haid atau menstruasi pada wanita setiap bulan biasanya akan terjadi dan memiliki rentang waktu yang berbeda. Untuk siklus haid yang normal biasanya terjadi pada hari ke-21 melalui hari 35. Untuk hari pertama atau yang terjadi selama siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid atau menstruasi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan dan menghitung masa subur dengan mudah:

1. Biasanya masa subur wanita terjadi setelah ovulasi. Sedangkan periode ovulasi adalah periode yang terjadi sebelum hari pertama menstruasi yang biasanya terjadi pada hari-hari ke 12-14 hari sampai periode menstruasi berikutnya. Dan secara umum, wanita akan berada di masa subur hari untuk 12-16 sebelum memasuki masa menstruasi. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita yang memiliki siklus haid normal yang 28 hari.

2. Adapun wanita yang memiliki periode atau periode menstruasi tidak normal, Anda dapat menghitung sendiri dengan cara, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus tahu bahwa Anda memiliki siklus terpendek. Sebagai contoh, adalah siklus terpendek Anda adalah 27 hari, maka selanjutnya Anda dapat memotong jumlah 18. Jadi hasilnya adalah 9. Jadi hari ini untuk 9 di sini Anda berada di masa subur.

3. Selain siklus pendek, Anda harus dapat mengetahui dengan perhitungan menggunakan siklus terpanjang Anda miliki. Contohnya adalah jika Anda memiliki siklus terpanjang hingga 30 hari, Anda dapat menguranginya dengan 11. Jadi hasilnya adalah 19. Dan pada tanggal 19 di sini Anda berada di masa subur. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa jika siklus menstruasi Anda berada di 27-30 hari maka Anda berada dalam masa subur dalam 9 dan ke-19.

Selain itu sejumlah cara menghitung masa subur seperti di atas, untuk memperkuat prediksi Anda, biasanya ketika wanita berada di masa subur biasanya akan mengembangkan tanda-tanda berbeda dari biasanya. Sebagai contoh adalah suhu tubuh basal akan meningkat secara dramatis dan biasanya akan berada pada suhu 35-36 derajat Celcius. Mereka juga akan mengalami gejala seperti debit dengan sejumlah besar serviks dan keinginan dan gairah juga meningkat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*